Pendeta Juga Manusia!

Filed under: , , , , , , by: brightshield

Menurut wikipedia, Pendeta (Dewanagari: पण्डित, paṇḍit) adalah sebutan bagi pemimpin agama. Kata pendeta berasal dari kata Pandita (bahasa Sansekerta), yang berarti brahmana atau guru agama Hindu atau Buddha.

Di Indonesia, saat ini istilah pendeta secara khusus digunakan untuk sebutan pemimpin agama-agama Kristen Protestan, Hindu atau Buddha. Secara umum, istilah ini terkadang juga dapat digunakan untuk Konghucu.

Itu merupakan definisi pendeta menurut wikipedia, menurut saya, pendeta sama saja seperti kita semua, ia juga manusia biasa yang dapat berbuat salah, suatu hal yang mustahil jika manusia tidak berbuat kesalahan sekali pun, hanya mungkin pendeta dapat membantu kita untuk lebih mengenal Tuhan.

Tetapi ada suatu hal yang menurut saya lucu, yaitu saat pendeta tersebut berbuat suatu kesalahn dalam hidup sehar-hari dan kesalahan itu diketahui orang lain maka dapat dipastikan akan jarang orang yang mau mendengar khotbah pendeta itu. Sangat lucu menurut saya karena seperti yang saya katakan sebelumnya, pendeta itu juga manusia biasa yang dapat berbuat keslahan, jika ia berbuat kesalahan, kita sebagai sesama manusia harus mengingatkannya bukan menjauhi pendeta itu,tidak lagi respect atau menjadikannya sebagai bahan gosip.

Damai Beserta kita semua.

0 comments: